Wednesday, November 12, 2008

huhuhu...ayra kena cacar air...hiks! #1

hari minggu kemaren waktu mandi pagi, bunda liat ada bintil kecil di idung ayra, bunda belom curiga tuh kirain cuman karena kena kotor aja. eeehh...sorenya ternyata bintilnya nambah, ada yang di leher satu ama di pantat satu, waduh...ayah langsung mendiagnosa kalo ayra kena cacar air. loh..loh..loh...kok bisa, ayra kan gak demam?! masih fit ajah kek biasanya, masih lari2, loncat2, nyanyi2, hmm...tapi emang jadi rada curiga juga seh, soalnya 2 minggu yang lalu pakde iyal kena cacar air.

yo wes lah begitu mandi sore, kita langsung ke dokter, dan ternyata emang bener ayra kena cacar air...huhuhu...tapi untungnya gak make demam, jadinya gak gitu panik. ayranya sendiri seh, cuek ajah...kaya gak lagi sakit tuh. sama dokter cuman dikasih salep (Acyclovir), obat gatal (bentuk puyer, jd gak tau namanya) ama vitamin (vistrum), oiya...dibawain obat turun panas juga, jaga2 kalo ntar demam...tapi alhamdulillah ayra gak make demam, cuman anget dikit...itupun cuman sesorean doang, malem dah normal.

kata dokternya juga, kalo gak demam tetep boleh mandi. jadi inget jaman bunda kecil dulu pas kena cacar air, sama sekali gak boleh mandi, mandinya cuman pake bedak. kalo dipikir2 seh, apa gak malah jadi kotor ya? untungnya seh dokter sekarang gak kek dokter dulu heheheh...ya sudah, akhirnya ayra tetep mandi seperti biasa, cuman air mandinya bunda tambahin cairan dettol, jadi tetep seger deh ;p

bunda sih masih bisa bersyukur, karena ayra kenanya sekarang...saat masih belom ada dedeknya, masih belom sekolah, dan katanya seh semakin usianya bertambah, sakit yang dirasakan juga semakin hebat. yah, berusaha untuk tetep sabar ajalah...untungnya anaknya gak rewel, jadi gak terlalu merepotkan. ayra juga ngerti banget tuh, waktu dibilangin kalo gatel jangan digaruk. tiap gatel cuman dia tempel2in make tangan aja. tapi sedih juga liat ayra penuh bintil gitu...hmm...yang sabar ya sayang, semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan...amiin..






ini info tentang cacar air yang barusan bunda googling, moga2 bermanfaat yaa...

Cacar Air
DEFINISI

Cacar Air (Varisela, Chickenpox) adalah suatu infeksi virus menular yang menyebabkan ruam kulit berupa sekumpulan bintik-bintik kecil yang datar maupun menonjol, lepuhan berisi cairan serta keropeng, yang menimbulkan rasa gatal.

PENYEBAB

Penyebabnya adalah virus varicella-zoster.
Virus ini ditularkan melalui percikan ludah penderita atau melalui benda-benda yang terkontaminasi oleh cairan dari lepuhan kulit.
Penderita bisa menularkan penyakitnya mulai dari timbulnya gejala sampai lepuhan yang terakhir telah mengering. Karena itu, untuk mencegah penularan, sebaiknya penderita diisolasi (diasingkan).

Jika seseorang pernah menderita cacar air, maka dia akan memiliki kekebalan dan tidak akan menderita cacar air lagi. Tetapi virusnya bisa tetap tertidur di dalam tubuh manusia, lalu kadang menjadi aktif kembali dan menyebabkan herpes zoster.

GEJALA

Gejalanya mulai timbul dalam waktu 10-21 hari setelah terinfeksi.
Pada anak-anak yang berusia diatas 10 tahun, gejala awalnya berupa sakit kepala, demam sedang dan rasa tidak enak badan. Gejala tersebut biasanya tidak ditemukan pada anak-anak yang lebih muda, gejala pada dewasa biasanya lebih berat.

24-36 jam setelah timbulnya gejala awal, muncul bintik-bintik merah datar (makula). Kemudian bintik tersebut menonjol (papula), membentuk lepuhan berisi cairan (vesikel) yang terasa gatal, yang akhirnya akan mengering. Proses ini memakan waktu selama 6-8 jam. Selanjutnya akan terbentuk bintik-bintik dan lepuhan yang baru.
Pada hari kelima, biasanya sudah tidak terbentuk lagi lepuhan yang baru, seluruh lepuhan akan mengering pada hari keenam dan menghilang dalam waktu kurang dari 20 hari.

Papula di wajah, lengan dan tungkai relatif lebih sedikit; biasanya banyak ditemukan pada batang tubuh bagian atas (dada, punggung, bahu). Bintik-bintik sering ditemukan di kulit kepala.
Papula di mulut cepat pecah dan membentuk luka terbuka (ulkus), yang seringkali menyebabkan gangguan menelan. Ulkus juga bisa ditemukan di kelopak mata, saluran pernafasan bagian atas, rektum dan vagina.
Papula pada pita suara dan saluran pernafasan atas kadang menyebabkan gangguan pernafasan.

Bisa terjadi pembengkaan kelenjar getah bening di leher bagian samping.

Cacar air jarang menyebabkan pembentukan jaringan parut, kalaupun ada, hanya berupa lekukan kecil di sekitar mata.
Luka cacar air bisa terinfeksi akibat garukan dan biasanya disebabkan oleh stafilokokus.


KOMPLIKASI

Anak-anak biasanya sembuh dari cacar air tanpa masalah. Tetapi pada orang dewasa maupun penderita gangguan sistem kekebalan, infeksi ini bisa berat atau bahkan berakibat fatal.

Adapun komplikasi yang bisa ditemukan pada cacar air adalah:
- Pneumonia karena virus
- Peradangan jantung
- Peradangan sendi
- Peradangan hati
- Infeksi bakteri (erisipelas, pioderma, impetigo bulosa)
- Ensefalitis (infeksi otak).

DIAGNOSA

Diagnosis ditegakkan berdasarkan ruam kulit yang khas (makula, papula, vesikel dan keropeng).

PENGOBATAN

Untuk mengurangi rasa gatal dan mencegah penggarukan, sebaiknya kulit dikompres dingin. Bisa juga dioleskan losyen kalamin, antihistamin atau losyen lainnya yang mengandung mentol atau fenol

Untuk mengurangi resiko terjadinya infeksi bakteri, sebaiknya:
- kulit dicuci sesering mungkin dengan air dan sabun
- menjaga kebersihan tangan
- kuku dipotong pendek
- pakaian tetap kering dan bersih.

Kadang diberikan obat untuk mengurangi gatal (antihistamin).
Jika terjadi infeksi bakteri, diberikan antibiotik.
Jika kasusnya berat, bisa diberikan obat anti-virus asiklovir.

Untuk menurunkan demam, sebaiknya gunakan asetaminofen, jangan Aspirin.
Obat anti-virus boleh diberikan kepada anak yang berusia lebih dari 2 tahun. adrenalinAsiklovir biasanya diberikan kepada remaja, karena pada remaja penyakit ini lebih berat. Asiklovir bisa mengurangi beratnya penyakit jika diberikan dalam wakatu 24 jam setelah munculnya ruam yang pertama.
Obat anti-virus lainnya adalah vidarabin.

PENCEGAHAN

Untuk mencegah cacar air diberikan suatu vaksin.
Kepada orang yang belum pernah mendapatkan vaksinasi cacar air dan memiliki resiko tinggi mengalami komplikasi (misalnya penderita gangguan sistem kekebalan), bisa diberikan immunoglobulin zoster atau immunoglobulin varicella-zoster.

Vaksin varisela biasanya diberikan kepada anak yang berusia 12-18 bulan.

katanya seh ntar biar gak berbekas, cacarnya dikasih parutan jagung muda. cuman bunda gak ngertinya, tuh musti kapan ngasihnya? waktu cacarnya masih ada airnya atau sudah mulai mengering? trus jagungnya yang kek gimana? jagung biasa? jagung manis? ato janggel yang biasa untuk oseng? bingung deh bunda ;( jadi mending gak usah dikasih aja deh daripada salah hehehe...

7 comments:

Anonymous said...

tuk ayra cepat sembuh ya. tuk bundanya yang sabar ya...

kartika dewi tresnaningrum said...

iya neh, emang sabarnya musti dilipatgandakan...makasih ya mom atas doanya *hug*

Anonymous said...

Cpet smbuh ya ayra....
Terima kasih info tentang cacarnya...

kartika dewi tresnaningrum said...

terimakasih ya atas doanya :)

EvieJPu said...

Ayra..pasti skrg dah sembuh ya..semoga selalu sehat ya ...

untuk bunda..terima kasih untuk infonya..sungguh sangat bermanfaat.

kartika dewi tresnaningrum said...

amiin...makasih bunda *hug* dan alhamdulillah jika infonya bermanfaat, saya juga hanya googling aja bun heheh...

raisya said...

cacar air bisa ninggalin bekas luka soalnya